6 Tips Dalam Membeli Mobil Bekas

 

Tidak seluruh orang menjual mobil mereka sebab kondisinya yang telah tak lagi baik. Banyak juga mobil bekas yang kualitasnya mendekati mobil baru. Tentunya untuk dapat menemukan mobil bekas berkualitas, diperlukan kejelian. Di samping jeli menyaksikan kondisinya, ada sejumlah hal yang perlu diacuhkan saat akan melakukan pembelian mobil bekas. Berikut ini sejumlah tips memilih mobil bekas berbobot dari kami:

  1. Catatan Servis Lengkap

Salah satu kelengkapan yang urgen untuk ditanyakan ialah catatan servis kendaraan tersebut. Apakah servis teratur dilakukan? Jika ya, apakah daftar nya lengkap? Di bengkel mana servis dilakukan?

Service record paling penting sebab mobil yang diasuh secara rutin, tentunya bakal mempunyai performa dan situasi yang lebih prima. Mobil yang teratur servis rutin pun mencerminkan jati diri pemilik sebelumnya yang mengawal dan merawat kondisi mobil.

Jika memungkinkan, pilih mobil yang sering servis di bengkel resmi, sampai-sampai Anda juga dapat meyakinkan keaslian odometer mobil incaran Anda.

  1. Waspada Mobil Harga Miring

Pepatah “ada rupa terdapat harga” berlaku ketika Anda melakukan pembelian mobil bekas. Bukan berarti kita tidak dapat mendapat mobil kualitas bagus dengan harga murah, namun tetapi Anda mesti lebih berhati-hati dan jeli memeriksa  mobil bilamana harga jauh di bawah pasaran.

Hal ini dikarenakan tidak sedikit mobil bekas kecelakaan dan banjir yang dipasarkan kembali dengan harga murah. Di samping itu, penjual pun kadang memasang harga murah hanya untuk memancing agar pembeli datang ke showroom nya guna ditawarkan mobil yang lain.

  1. Periksa Aksesoris dan Interior

Saat mengerjakan pemeriksaan kondisi mobil, kesatu cek bagian interior mobil. Ada beragam komponen interior yang perlu diperiksa fungsi nya layaknya AC, sistem audio, dan switch lampu. Anda mesti pastikan seluruh fitur bekerja dengan baik, khususnya fitur ketenteraman seperti sabuk pengaman.

Setelah itu, teliti situasi interior mobil. Coba duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman, periksa situasi dashboard, plafon, dan karpet. Perhatikan pula bau interior, apakah interior berbau apek? Jika iya, ini dapat jadi di antara indikasi mobil itu pernah kena banjir.

  1. Cek Body Mobil

Setelah itu, periksa situasi body dan eksterior mobil secara menyeluruh. Pastikan komponen layaknya pintu, kap mesin, dan pun kaca mobil, masih orisinil atau tidak. Selain tersebut perhatikan pula kondisi cat mobil, terkadang cat mobil menjadi belang disebabkan perbaikan yang tidak rapi.

Yang sangat penting saat mengecek body ialah struktur rangka utama mobil tersebut. Pastikan rangka atau chassis mobil masih prima, tidak terdapat bekas tabrakan atau perbaikan.

 

  1. Pastikan Kondisi Mesin

Selesai mengecek eksterior, buka kap mesin guna memeriksa situasi mesin mobil. Ini adalah bagian urgen dari proses pemeriksaan. Mobil mesti gampang di-starter, lantas pastikan suara mesin tidak kasar dan simaklah apakah terdapat kebocoran pada komponen mesin.

Kualitas mesin mobil bakal lebih terasa ketika Anda mengendarainya langsung di jalan raya. Maka itu, mintalah untuk mengerjakan test drive pada penjaja mobil tersebut. Selain mengecek performa mesin, rem, transmisi, dan kaki mobil, ini pun saatnya menguji kenyamanan berkendara memakai mobil tersebut.

#6: Kelengkapan Dokumen

Setelah memeriksa situasi mobil dan kita merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran, cek kelengkapan surat kendaraan, layaknya STNK, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang hendak Anda beli ialah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut.

Cocokkan pun nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan badan mobil cocok dengan surat-surat. Anda mesti memastikan bahwa mobil yang bakal Anda beli mempunyai BPKB dan STNK dengan nama pemiliknya.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *