Alat Pembersih Udara Canggih

pascal-edu.com – Udara adalah kebutuhan utama bagi makhluk hidup. Udara yang bersih membuat kita bisa bernapas dengan baik dan metabolisme tubuh bisa berjalan mulus. Inilah yang ditawarkan air purifier. Air purifier adalah sebuah perangkat elektronik alat pembersih udara, seperti layaknya tumbuh-tumbuhan yang memproduksi udara segar bagi pernapasan kita.

Tumbuh-tumbuhan rindang yang banyak tumbuh di daerah pedesaan ataupun pegunungan yang masih minim nilai polusinya, ternyata menghasilkan ion-ion positif dan negatif yang bertujuan menyeimbangkan komposisi udara yang kotor dengan memperbanyak unsur oksigen sehingga membuat udara yang dihirup terasa lebih segar. Cara kerja air purifier adalah menyedot udara di dalam ruangan, lalu menyaringnya dalam filter- filter yang ada di dalam alat tersebut.

Hasil penyaringan udara tersebut lalu dikeluarkan lagi berupa udara yang bersih. Partikel-partikel yang tadinya ada di dalam udara itu “ditangkap” oleh filter dan tetap menempel di sana. Karena itu, filternya sendiri harus rajin dicuci dan diganti. Untuk air purifier standar, komponennya hanya berupa kipas angin yang berfungsi menggerakkan udara dan filter karbon sebagai penyaring udara.

Filter yang bisa menyaring udara dari kotoran, debu, bau, dan partikel-partikel kecil, seperti: bakteri dan kumankuman lain, kebanyakan ditemukan dalam bentuk filter karbon. Namun, sekarang mulai banyak yang memodifi kasi kembali filter ini, termasuk dalam penambahan jumlah berlapis agar fungsinya semakin kuat dalam menyaring udara bersih. Boleh dibilang, secara prinsip, ada beberapa manfaat air purifier, berikut di antaranya:

* Menyaring dan menjaga kelembapan udara sehingga mampu menghilangkan kontaminasi udara. Udara di dalam rumah menjadi segar, nyaman, bersih, dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan adanya jamur, bakteri, atau virus.

* Menghilangkan bau tak sedap.

* Konon, tingkat kemampuan pembersih udaranya dapat mencapai 95%. Selain itu, banyak air purifier atau filter udara menghasilkan ion negatif yang diklaim dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan.

Beberapa manfaat ion negatif ini:

* Meningkatkan kekebalan tubuh. Ion negatif dapat meningkatkan kapasitas aliran darah yang berefek pada meningkatnya jumlah oksigen yang dapat didistribusikan ke seluruh tubuh.

* Meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan bantuan ion negatif dalam darah, proses metabolisme menjadi lebih efi sien.

* Menjaga keseimbangan pH darah.

* Membantu memperkuat fungsi saraf otonom. Sayangnya, alat ini tidak dapat mendinginkan seperti halnya AC (Air Conditioner), melainkan hanya mengeluarkan udara segar yang sudah bebas polusi. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, air purifier akan tergabung bersama alat pendingin/AC.

Namun perlu diperhatikan, efektivitas penjernihan udara oleh air purifier juga bergantung pada kualitas udara yang masuk dan bahan membran fi ltrasi yang digunakan. Bahan membran fi ltrasi yang digunakan harus tahan lama dan memiliki kemampuan menyaring yang baik. Selain itu, juga harus juga diperhatikan masa penggantian membran fi ltrasi yang digunakan, jika sudah terlalu kotor harus dibersihkan agar tetap efektif untuk menyaring.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *