Ide Agar Rumah Sejuk

Ide Agar Rumah Sejuk

Anda pasti akrab dengan material bermotif yang satu ini. D i jagat arsitektur aplikasi material ini sudah berjaya di era tahun 5 0 sampai 6 0 – an sebagai mode untuk aksen fasad bangunan dan secondary sk in. L ayaknya tren mode busana, tren arsitektur juga terus mengalami perubahan dan perkembangan. R oster salah satunya. M eski material ini sempat dikalahkan oleh kac a, pamornya masih bersinar hingga saat ini. Sukendro Sukendar, arsitek dari biro arsitek N ataneka, pun membenarkan hal tersebut. I a menyebutkan aw al tren roster dalam dunia arsitektur di I ndonesia di mulai pada 1 0 tahun lalu, yakni sekitar 2 0 0 2 – 2 0 0 3 lalu. K ampanye “ G reen L iv ing” yang digembar- gemborkan menjadi salah satu penyebab kembalinya tren roster. Y a, material ini memang menjadi salah satu material ramah lingkungan, karena dapat menjadi sarana lubang udara di dalam rumah. K esan indah sekaligus alami yang diberikannya menjadi pelengkap daya tariknya.

VARIASI BAHAN

Dulu, material ini hanya digunakan sebagai aksen pada jendela atau aksen di atas pintu utama. N amun, saat ini roster diaplikasikan dengan penggunaan yang lebih luas, seperti partisi, aksen fasad bangunan, pagar rumah, secondary sk in, dan lainnya. “ Kesannya alami dan bisa menc erminkan c ita rasa arsitektur lokal, karena cocok untuk kaw asan tropis di I ndonesia,” tutur K endro, sapaan akrabnya. Bahan pembentuknya pun hadir dalam beberapa v arian, sebut saja beton, keramik, batu alam, besi, panel G R C , kayu, dan lainnya. R iz ki D aradjad, pengusaha roster dari PT PJ Artikon, mengatakan masing- masing bahan roster memiliki keistimew aan tersendiri. M isalnya saja panel G R C yang mudah diraw at, tahan terhadap korosi, api, pengikisan, dan segala jenis c uac a. D ari sisi berat beban, bahan keramik memiliki beban lebih berat ketimbang beton, sehingga perlu perlakuan ekstra untuk mengaplikasikan roster keramik pada hunian.

TAK SEKADAR PENGHAWAAN AGAR SEJUK

Kendro menilai, saat ini penggunaan roster pada arsitektur bangunan tidak hanya untuk sarana pertukaran udara, tapi juga memiliki nilai seni tersendiri. Roster dengan pola unik dan menarik dapat menimbulkan dec ak kagum siapa pun yang melihatnya. M isalnya dengan memainkan pola, w arna, dan bentuk. D engan permainan pola tersebut roster dapat menjadi f ocal point pada sebuah fasad bangunan. U mumnya, permainan pola pada roster hanya dibuat maju- mundur atau dibuat mendatar saja. Padahal dengan tersedianya motif yang menarik dan didesain dengan pola yang unik, roster dapat membuat hunian tampil lebih c antik dan ekspresif. “ M isalnya dengan mengombinasikan w arna dan material lain seperti beton, roster tak akan tampil monoton,” ujarnya lagi. K endro menambahkan, pengolahan roster yang menarik terc ipta dari kreativ itas si pengguna. M eski harus tetap mengedepankan fungsi penghaw aan, membuat pola roster yang menarik juga perlu diperhitungkan. H al ini sekaligus menepis reputasi roster yang masih dianggap kuno oleh sebagian orang.

AGAR TAMPIL LEBIH ELEGAN

Untuk memberikan kesan “ w ah” pada aplikasi roster Anda, K endro menyarankan untuk membuatnya tampil beda. U ntuk roster dari material keramik, buatlah roster Memasang Roster Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memasang roster. 1. Jika ingin memasang roster sebagai dinding, pastikan konsep dinding adalah sebagai partisi, bukan dinding utama yang merupakan elemen penahan bagi elemen lain yang berada di atasnya. Beban berat yang dimiliki roster membuatnya harus ditopang oleh rangka yang mumpuni. 2. Fungsi utama roster adalah sebagai sirkulasi udara sehingga ruangan menjadi sejuk. Arah datangnya sinar matahari menjadi hal penting dalam pemasangan roster. Oleh sebab itu, pastikan roster berada di posisi yang tepat. Alih-alih sejuk, rumah malah panas dibuatnya.

GUNAKAN GENSET

Selain desain menggunakan roster. Genset juga diperlukan untuk rumah yang anda tinggali. dengan adanya genset aliran listrik di rumah anda akan dapat dipastikan berjalan 24 jam. Genset berfungsi sebagai sumber listrik cadangan bila listrik PLN padam. Nah untuk anda yang tinggal di Medan dan bali. PT rajawali merupakn distributor genset medan dan distributor genset bali terbesar di Indonesia

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *