Penyebab Genset Voltage Drop

Beberapa Yang Menjadi Penyebab Genset Voltage Drop

Penyebab Genset Voltage Drop – Genset merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk menghasilkan listrik yang stabil ketika terjadi pemadaman dan sering di gunakan oleh masyarakat biasanya. Genset sendiri terdiri dari Generator dan alat penggerak sehingga dapat mengubah tenaga gerak mekanis dalam generator menjadi listrik. Jika anda mencari supplier genset maka anda bisa mencari salah satu supplier genset Makassar. Ditempat itupula info harga genset yanmar 2019 bisa anda dapat secara detail.

Secara umum genset yang di gunakan memiliki tegangan 220 volt dan 380 volt yang dapat beroperasi secara normal. Hal ini akan terjadi secara berkala dan dapat menyebabkan kerusakan yang krusial pada genset. Maka dari itu, kenali beberapa penyebab voltage genset drop pada pembahasan berikut, agar anda nanti lebih berhati-hati lagi ya.

Beragam penyebab voltage pada genset menurun

  1. Mesin genset yang bermasalah.

Mesin genset yang bermasalah akan menyebabkan Voltage akan menurun. Hal ini di sebabkan karena beberapa masalah mesin yang membuatnya tidak beroperasi secara normal. Pengoperasian genset di mulai dengan menyalakan mesin, jika mesinnya bermasalah, genset akan mengalami penurunan voltage dan tidak stabil pada pengoperasian genset.

  1. Diode penyearah yang rusak.

Diode adalah salah satu komponen penting pada genset yang jika terjadi kerusakan akan membuat voltage mengalami penurunan. Hal ini dapat di atasi dengan memastikan kabel-kabel yang terdapat pada diode dalam keadaan yang baik dan sudah terhubung semuanya. Kemungkinan yang terjadi adalah diode pada genset rusak atau sudah tidak layak pakai sehingga menyebabkan penuruan voltage.

  1. AVR yang bermasalah.

Komponen terpenting dan krusial adalah AVR. Jika sudah terjadi pengaturan yang benar pada AVR namun pengoperasian genset tidak stabil maka anda harus mengganti AVR anda. Begitulah kiranya AVR bekerja sehingga dapat bekerja dengan sangat maksimal. AVR akan menurunkan voltage secara bertahap setiap terjadi kerusakan padanya.

Hal–hal tersebut di atas adalah penyebab umum genset voltage drop, jika anda tidak ingin mengalami kerusakan pada genset anda, alangkah lebih baiknya memperhatikan segala sesuatu termasuk komponen–komponen di atas. Maka dari itu memang anda diharuskan untuk lebih berhati-hati dalam menjaga genset anda tersebut, di kemudian hari kenali penyebabnya.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *