Spotify Mencapai 100 Juta Pelanggan Berbayar Menjelang Apple Music

Spotify baru saja mencapai 100 juta pelanggan yang dibayar, perusahaan mengumumkan pada 29 April. Perusahaan Swedia itu mengembangkan basis pelanggannya sebesar 32% tahun-ke-tahun. Berita itu menempatkan tingkat bayarannya sekitar dua kali lipat jumlah pesaing utamanya: Basis premium Apple Music diperkirakan 50 juta. (Agar adil, angka itu berasal dari data terakhir yang tersedia untuk umum mulai Mei 2018).

Perusahaan menghubungkan pertumbuhan pengguna premium dengan promosi di AS dan Kanada, rencana keluarga, perluasan dalam promosi Google Home Mini dan akses Hulu untuk pengguna premium di Amerika Serikat. Sementara itu, “pengguna aktif bulanan” platform ini tumbuh 26% menjadi 217 juta. Spotify saat ini tersedia di 79 negara.

Perusahaan yang berbasis di Stockholm ini melaporkan pendapatan 1,5 miliar euro, atau $ 1,7 miliar, pada kuartal pertama tahun ini. Pendapatan premium sebesar 1,36 miliar euro, atau $ 1,55 miliar, tumbuh 34% YoY. Kerugian bersih pada kuartal pertama diperkirakan mencapai 142 juta euro, sekitar $ 158 juta.

The Wall Street Journal melaporkan bahwa Apple Music baru-baru ini menyusul saingannya di pelanggan AS yang dibayar, dengan 28 juta versus 26 juta Spotify. Namun, Spotify masih memiliki lebih banyak pendengar Amerika karena tingkat streaming gratis, menurut Reuters. Apple Music hanya tersedia melalui berlangganan berbayar.

Pada bulan Februari, Spotify diperluas ke India, di mana ia telah mengumpulkan 2 juta pengguna di wilayah tersebut. Tetapi peluang untuk pertumbuhan di India merupakan rintangan karena banyak perusahaan lokal dan internasional berlomba-lomba mencari ruang. Belum lagi, Spotify masih terlibat dalam perselisihan lisensi musik dengan Warner / Chappell. YouTube dilaporkan adalah layanan yang paling populer – dan saluran T-Series Bollywood menjadi akun paling berlangganan di situs dengan lebih dari 96 juta pelanggan, mencopot Pewdiepie.

Sementara Spotify telah membuat terobosan di Taiwan dan Hong Kong, mereka belum menyamai ketersediaan Apple Music di daratan Cina. Pasar musik yang di download lagu dan berkembang pesat didominasi oleh Tencent Music Entertainment, yang memiliki lebih dari 800 juta pengguna bulanan di empat platform musik: QQ Music, KUGOU Music, KUWO Music dan Wesing.

Spotify mengumumkan rencana untuk berinvestasi $ 500 juta di industri podcast, sambil mengakuisisi Gimlet Media, Anchor dan Parcast. Dan layanan streaming masuk pada saat yang tepat, karena industri ini diharapkan tumbuh secara eksponensial. Setelah industri podcasting meraup pendapatan $ 314 pada tahun 2017, Interactive Advertising Bureau / PwC melaporkan pihaknya diperkirakan akan tumbuh menjadi $ 1,6 miliar pada tahun 2022. Layanan ini dilaporkan menawarkan seperempat juta podcast. Meskipun, Spotify memiliki kompetisinya di bidang ini.

Pada akhir kuartal kedua, Spotify memproyeksikan pengguna aktif bulanan akan meningkat antara 222 dan 228 juta, sementara pelanggan premium akan mendarat antara 107 dan 110 juta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *