Daftar Universitas Untuk Jurusan Sistem Informasi Terbaik Untuk Kuliah

Daftar Universitas Untuk Jurusan Sistem Informasi Terbaik Untuk Kuliah

Memilih kuliah S1 Sistem Informasi memang menjadi pilihan yang tepat jika memiliki minat yang tinggi terhadap sebuah informasi, terutama bagi mereka yang ingin bekerja di sebuah perusahaan bagian manajemen informasi.

Jurusan Sistem Informasi merupakan jurusan yang mempelajari tentang kebutuhan IT dari sebuah perusahaan untuk kepentingan bisnis mereka, tidak heran karenanya alumni dari jurusan ini sering ditempatkan pada bagian penting. Bagi yang berminat kuliah di jurusan ini, berikut ada beberapa universitas dengan jurusan sistem informasi terbaik yang berhasil mendapatkan akreditasi A menurut BAN PT

Universitas Indonesia

Dimulai dari salah satu universitas ternama di Indonesia yakni Universitas Indonesia (UI) yang berlokasi di wilayah Depok, universitas yang satu ini memang terkenal karena menjadi salah satu universitas yang berada pada peringkat tertinggi di Indonesia. Jurusan Sistem Informasi di Universitas ini berada di Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI), resmi didirikan dan menerima mahasiswanya mulai tahun 2017/2018 pada tingkat strata 1 (S1).

Pembelajarannya sendiri menekankan pada pengembangan dan juga pemanfaatan teknologi informasi pada sebuah organisasi, meliputi prinsip-prinsip dari sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, manajemen, algoritma & pemrograman, administrasi bisnis, sistem operasi, statistik, jaringan komputer, basis data, manajemen informasi, pengembangan dan pemasaran produk, perancangan & pemrograman web, dan analisa serta perancangan sistem. Informasi lebih lanjut mengenai jurusan ini, silahkan cek website resmi UI bagian Sistem Informasi.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Meski terkenal dengan kuliah murah yang ditawarkannya, namun kualitas pembelajaran di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tidak kalah bagus dibanding universitas ternama lainnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya jurusan yang mendapatkan akreditasi A dari BAN PT, termasuk salah satunya yakni untuk jurusan Sistem Informasi.

Program studi Sistem Informasi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berada di Fakultas Sains dan Teknologi, pembelajarannya sendiri lebih fokus pada pengembangan kompetensi di bidang Sistem Informasi, khususnya GIS, Korporasi, dan Bisnis Syariah.

Fokus dari pembelajaran tersebut tentunya disesuaikan dengan visi dari jurusan ini yakni ‘Program Studi Informasi Unggulan Secara Nasional Maupun Internasional, yang mampu mewujudkan Sarjana Informasi yang Profesional, Berilmu, Beriman, dan Bertaqwa Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani’.

Binus University

Universitas yang namanya cukup akrab di telinga para pelajar ini juga menyediakan jurusan Sistem Informasi bagi peminatnya, dengan visi ‘a distance learning program of choice that excels in providing high-level information system education is specialized in business-IT recognized internationally, and champions innovation’.

Jurusan Sistem Informasi di Binus ini juga membekali mahasiswanya dalam wawasan dan pengetahuan serta keterampilan dalam pengembangan sistem informasi, tren penggunaan serta kebutuhan sistem informasi yang strategis untuk perusahaan, penggunaan SI dengan basis e-business, dan juga pengetahuan teknologi dan bisnis yang nantinya dapat diaplikasikan dalam dunia usaha dan industri.

Universitas Gunadarma

Mencari kuliah murah untuk jurusan Sistem Informasi memanglah tidak mudah, namun anda bisa mencoba berkuliah di Universitas Gunadarma. universitas yang berada di Jakarta ini menyediakan Jurusan Sistem Informasi untuk mahasiswanya, jurusan ini sendiri sudah ada sejak tahun 1981. Tujuan dari penyediaan jurusan ini sendiri sebagai sumbangan kepada pemerintah guna menyiapkan tenaga profesional dan siap pakai di bidang ilmu teknologi, sebagai upaya meningkatkan kualitas dari SDM agar mampu bersaing di era global.

Institut Teknologi Sepuluh November

Bagi yang ingin kuliah S1 sistem informasi di ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) yang berlokasi di Surabaya, universitas ini menyediakan dua gelar sekaligus yakni strata 1 (S1) dengan akreditasi A dan strata 2 (S2) dengan akreditasi B dari BAN PT. Program strata 1 (S1) untuk Sistem Informasi di ITS ini memberikan 4 peran, yakni pengembangan sistem informasi (IS Developer), spesialis database, konsultan dan integrator sistem, dan akademisi sistem Informasi.

Bukan hanya 4 ilmu itu saja, mahasiswa ITS jurusan ini akan dibekali dengan keterampilan dalam hal merancang dan menganalisis kebutuhan sistem informasi untuk sebuah informasi, merancang pengembangan proyek dalam konteks SI dengan menggabungkan aspek IT (hardware, software, jaringan, data, SDM dan budaya, kebijakan dan regulasi, hirarki organisasi, serta proses dan prosedur).

Selain berbagai universitas di atas, masih banyak universitas lainnya yang menyediakan jurusan Sistem Informasi dengan akreditasi A seperti Universitas Bina Darma dan Universitas Kristen Satya Wacana.Mencari universitas jurusan Sistem Informasi dengan biaya kuliah murah dengan kualitas pembelajaran yang baik memang tidaklah mudah, pasalnya jurusan yang satu ini biasanya ditempatkan sebagai jurusan elite dengan rentang biaya kuliah yang lebih besar dibandingkan lainnya. Namun hal ini bisa diinisiasi dengan memanfaatkan beasiswa yang banyak tersedia di universitas tersebut, seperti salah satunya yakni beasiswa bidik misi yang disediakan kemenag.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *