contoh alat elektromedik

Contoh Alat Elektromedik & Fungsinya

Alat Kesehatan merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah instansi pelayanan medis seperti rumah sakit, klinik atau yang lainnya. Alat kesehatan setidaknya ada tiga macam yaitu alat Elektromedik, alat non Elektromedik dan Alat Diagnostik. Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba berbagi info mengenal contoh alat Elektromedik dan juga fungsinya.

Sebelumnya, sudah tahukah anda apa itu alat Elektromedik ? Alat Elekteromedik adalah alat – alat kesehatan yang membutuhkan energi listrik dalam proses operasionalnya. Dengan kata lain, alat Elektromedik merupakan alat yang berbau elektronik baik dari sisi rangkaian ataupun peralatan yang digunakan.

Contoh Alat Elektromedik Dan Fungsinya

Berikut ini beberapa contoh alat – alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit yang termasuk jenis alat Elektromedik.

# Defibrillator

Mungkin tidak banyak yang mengenal alat ini. Defibrillator merupakan alat medis yang berfungsi sebagai alat kejut jantung. Alat ini digunakan ketika seseorang mengalami apa yang namanya fibrillasi ventrikel dimana jantung berdetak dengan acak dan tidak bisa memompa darah. Kejutan listrik dengan jumlah tertentu inilah yang dapat mengembalikan detak jantung menjadi normal. Itu sebabnya alat ini termasuk alat elekteromedik karena beroperasi dengan energi listrik.

# Pasien Monitor

Alat ini biasanya terdapat di dalam ruang icu rumah sakit. Hal ini karena pasien monitor berfungsi sebagai alat pantau terhadap kesehatan pasien dengan kondisi yang belum stabil. Monitor ini merupakan produk elektromedik yang dijalankan dengan menggunakna energi listrik. Dengan alat ini dokter akan dipermudah karena alat ini dapat memantau dan memberikan data kesehatan pasien setiap saat.

# Alat EKG

EKG merupakan kepanjangan dari Elektrokardiografi. Yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk memeriksa dan menganalisa kondisi kelistrikan jantung. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan pada jantung khususnya aritma jantung. Pemeriksaan ini dapat berlanjut dengan pemeriksaan lainnya bila memang terdapat gangguan dalam aritma jantung.

Masih ada banyak lagi produk – produk alat elektromedik yang ada di rumah sakit ataupun klinik yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu. Mudah – mudahan tiga contoh alat tersebut dapat memberikan informasi tambahan untuk memperkaya pengetahuan kita. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *