Menjaga Kadar Asam Folat Dalam Tubuh

Asam Folat? Apakah anda sudah sering mendengar atau kah masih asing? Padahal asam folat sendiri sangat penting untuk tubuh, alau apa itu asam folat? Asam Folat adalah bentuk vitamin B Kompleks yang larut dalam air. Zat diperlukan dalam pembangunan tubuh karena bersifat multifungsi. Mulai dari membantu proses produksi DNA hingga membentuk sel darah merah.

Manfaat Asam Folat

Asam folat mempunyai banyak fungsi dan manfaat untuk tubuh, beberapa diantaranya. Bisa menjadi sintesis dan perbaikan DNA dan RNA, membantu pembelahan dan pertumbuhan sel yang cepat, meningkatkan kesehatan otak, gangguan pendengaran terkait usia. Kerusakan penglihatan terkait usia, kerusakan penglihatan yang juga disebabkan faktor usia, degenerasi macula terkait usia. Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi asam folat dengan vitamin lain termasuk vitamin B6 dan vitamin B12 dapat mengurangi resiko berkembangnya kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia. Mengatasi depresi. Penelitian terbatas juga menunjukan bahwa mengkonsumsi asam folat bersama dengan abtidepresan tampaknya dapat memperbaiki gejala pada orang dengan depresi. Selain itu berguna juga untuk pengiap Tekanan darah tinggi penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi asam folat setiap hari selama minimal 6 minggu dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi, asam folat juga berguna untuk penyakit gusi selama kehamilan. Menerapkan asam folat ke gusi tampaknya dapat memperbaiki penyakit gusi selama masa kehamilan. Gangguan perubahan warna kulit yang disebut vitiligo. Mengkonsumsi asam folat tampaknya juga dapat memperbaiki gejala vitiligo.

Sangat penting untuk wanita yang sedang hamil untuk mengkonsumsi cukup asam folat. Hal ini dapat membantu mencegah perkembangan janin cacat bawaan pada otak atau tulang belakang, termasuk cacat tabung saraf (cacat lahir akibat tidak sempurnanya pertumbuhan dan perkembangan system tabung saraf pada masa janin)

Untuk wanita yang sedang berencana untuk hamil , harus mengambil beberapa suplemen asam folat selama setahun penuh sebelum hamil, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko perkembangan cacat lahir pada bayi.

Asam folat sendiri bisa didapatkan dari sumber-sumber alamam seperti sayuran hijau gelap adalah sumber asam folat yang baik, Berhati hatilah agar tidak terlalu lama dalam memasak karena kadar sama folya bisa turun saat terkena panas berikut beberapa sayur yang kaya akan asam folat.

  1. Asparagus
  2. Ragi rot
  3. Brokoli
  4. Kubis
  5. Bunga kol
  6. Kuning telur
  7. Kentang
  8. Kacang-kacangan
  9. Selada
  10. Buah-buahan, terutama papaya dan kiwi
  11. Susu
  12. Ojeruk
  13. Lobak
  14. Kacang polong
  15. Bayam
  16. Biji bunga matahari
  17. Roti Gandum

Intinya adalah mengkonsumsi nutrisi dari sumber makanan alami selalu lebih baik daripada mengkonsumsi suplemen. Carilah opus makanan diatas ini dan masukan ke dalam menu harian anda setiap hari.

Kekurangan asam Folat bisa terjadi ketika tidak cukup asam folat yang ada di dalam tubuh, Selain anemia dan cacat bawaan, kekurangan asam folat dapat menyebabkan masalah kesehatan lain.

  1. Resiko lebih tinggi untuk terjadi depresi.
  2. Kemungkinan ada masalah dengan fungsi memori dan otak.
  3. Resiko lebih tinggi berkembangnya penyakit alergi
  4. Potensi resiko jangka panjang yang lebih tinggi kehilangan kepadatan tulang
  5. Anemia Defisiensi

Individu dapat mengembangkan anemia Defisiensi asam folat jika mereka tidak cukup mengkonsumsi asam folat. Karena asam folat memiliki fungsi penting untuk memproduksi dan mempertahankan sel darah merah, kadar asam folat yang tidak memadai dapat berarti bahwa tidak ada cukup sel darah merah untuk menghasilkan oksigen di dalam tubuh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *