mengenal sleep apnea

Penjelasan Singkat Tentang Penyakit Sleep Apnea

Kita mengetahui ada beberapa penyakit yang dapat hinggap dalam tubuh kita dan menggangu fungsi organ. Salah satunya kelainan yang dapat mengganggu organ pernapasan kita. Pernahkah anda mendengar istilah sleep apnea sebelumnya ? Memang penyakit ini tidak banyak diketahui orang dan bukan merupakan satu jenis penyakit yang menular.

Pengertian Sleep Apnea

Kalau kita artikan dari dua kata yang tersusun, sleep berarti tidur dan Apnea berarti gangguan saluran pernapasan. Jadi sleep apnea bisa kita devinisikan sebagai salah satu penyakit dimana pendeeritanya dapat mengalami gangguan saat tertidur. Oleh sebab itu terdapat kata “sleep” yang berarti tidur.

Mengapa Sleep Apnea Bisa Terjadi

Memang tidak semua orang mengalami hal ini, pada kondisi normal dalam keadaan tidur otot dinding tenggorokan mengendur atau relaksasi. Hal ini biasa bagi orang normal, namun bagi penderita sleep apnea otot mengendur secara berlebihan hingga membuat saluran pernapasan tertutup. Akibatnya, sesak napas dan membangunkannya dari tirud.

Ciri – Ciri Sleep Apnea

Salah satu ciri yang paling mudah untuk kita temui pada penderita sleep apnea adalah mendengkur . Saluran pernapasan yang menyempit akan cenderung membuat udara yang keluar masuk berbunyi yang kita sebut sebagai dengkuran. Kedua, kurangnya konsentrasi saat bekerja, hal ini karena kualitas tidur yang rendah. Tiba – tiba terbangun di malam hari dengan keringat dingin. Hal ini akan membuat badan menjadi lesu dan kurang bersemangat.

Pengobatan Sleep Apnea

Ketika anda berkunjung ke rumah sakit untuk memeriksakan diri. Biasanya dokter akan menyarankan beberapa solusi yang bisa anda tempuh.

# Menggunakan alat CPAP

CPAP (continuous Positive Air Pressure) adalah satu alat yang dapat memberikan udara bertekanan positive ke dalam mulut pasien. Fungsi CPAP sendiri adalah untuk menjaga jalan napas (saluran nafas) tetap terbuka dalam kondisi rileks (tidur). Jadi alat ini dikenakan ketika anda akan tidur.

Tentu saja prosesnya dilakukan menggunaknamasker, anda akan menggunakan masker cpap ketika terbaring tidur. Dengan demikian sindrom sleep apnea dapat diatasi dengan mudah. Alat ini pun mudah didapatkan. Anda bisa membeinya di toko alat kesehatna terdekat. Sudah cukup bayak yang jual cpap dengan berbagai macam carian harga dan ukuran.

# Operasi

Sebagian dokter menyarankan untuk melakukan tindakan operasi pada otot rahang agar pada waktu tertidur otot – otot rahang tidak terlelu kendur yang berakibat pada tertutupnya saluran pernapasan. Namun prosedur ini dipilih untuk pasien yang mengalami kondisi cukup parah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *