Tips Belajar Grammar Agar Lulus Ujian TOEFL

1. Mulailah dengan Mempelajari Aturan

TOEFL Preparation – Aturan tata bahasa sangat penting karena mereka mengelompokkan (mengelompokkan) banyak situasi bahasa dan memberi Anda informasi yang kemudian dapat Anda terapkan pada banyak konteks (situasi).

Untuk mengetahui aturan mana yang harus dipelajari, ikuti tes diagnostik tata bahasa untuk mempelajari topik mana yang paling lemah. Yang ini ditawarkan oleh Oxford University Press dalam bahasa Inggris Inggris, dan memiliki tiga versi: dasar, menengah dan lanjutan. Saya sarankan Anda mulai dengan tes dasar dan lihat bagaimana Anda melakukannya. Tes dapat memakan waktu hingga 30 menit untuk menyelesaikan, karena ada 100 pertanyaan.

Akan tetapi, ini sepadan dengan waktunya, karena pada akhir tes ini memberi tahu Anda persentase jawaban yang benar untuk setiap kategori tata bahasa. Dengan cara ini, Anda dapat mencari persen terendah (mis. 40% – kata kerja modal) dan mulai dengan aturan itu. Anda juga dapat melihat semua pertanyaan asli, yang salah dan jawaban yang benar.

Ketika Anda telah memilih aturan untuk memulainya, pelajari aturan itu dengan hati-hati dan kemudian baca sebanyak mungkin contoh.

Di sinilah Anda dapat mempelajari aturan:

GrammarBook.com —Situs ini memberikan presentasi terperinci dari setiap aturan tata bahasa dan juga memiliki bagian tentang aturan tanda baca. Contoh yang diberikan adalah kalimat sederhana yang mudah dimengerti, bahkan untuk pemula dan siswa menengah ke bawah.

Situs Tata Bahasa Inggris British Council – Situs web ini juga sangat berguna, karena memberi Anda latihan tepat setelah presentasi setiap aturan. Penjelasannya cukup menyeluruh (lengkap), dengan beberapa contoh kalimat untuk setiap konsep sehingga Anda benar-benar memahaminya.

Panduan Tata Bahasa Inggris Edufind.com – Situs ini adalah sumber informasi lain yang terstruktur dan sangat baik yang dapat Anda gunakan. Ini memiliki delapan kategori: kata benda, kata sifat, kata keterangan, penentu, kata kerja & kata kerja, ucapan, tanda baca dan klausa relatif. Selain itu, ia memiliki tes tata bahasa gratis yang menguji aturan dalam konteks.

“Panduan Oxford untuk Tata Bahasa Inggris” – Jika Anda lebih suka bekerja dengan buku, Anda dapat menggunakan panduan ini, yang sangat rinci dan gratis untuk diunduh dalam format PDF. Lebih baik bagi pelajar tingkat menengah ke atas karena lebih kompleks daripada sumber daya online.

Semua sumber daya ini dapat digunakan oleh peserta didik mulai dari tingkat menengah ke bawah, karena aturannya dijelaskan dengan jelas dalam bahasa yang sederhana. Sebaiknya gunakan situs web tata bahasa yang berbeda saat Anda ingin meninjau peraturan.

Setelah Anda membaca aturan dan contoh-contohnya, langkah selanjutnya (dan bagian terpenting) adalah membuat contoh Anda sendiri, yang akan kami tunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan selanjutnya.

2. Latih Setiap Aturan Satu demi Satu

Untuk mempraktikkan setiap aturan tata bahasa dengan baik, Anda akan ingin (a) membuat contoh sendiri dan (b) menyelesaikan latihan tata bahasa.

(a) Membuat contoh kalimat Anda sendiri dengan setiap aturan membantu Anda benar-benar memahami aturan sebelum melanjutkan ke latihan. Lihatlah contoh-contoh yang diberikan setelah aturan dan kemudian cobalah untuk membuat kalimat Anda sendiri. Untuk memastikan Anda menggunakan aturan dengan benar dalam kalimat Anda sendiri, mintalah seorang guru atau penutur asli untuk memeriksanya.

Kemudian, masukkan struktur tata bahasa dalam tugas menulis Anda sendiri. Ketika Anda menulis, Anda punya waktu untuk berpikir dan merencanakan, jadi ini akan lebih mudah dilakukan. Bagian terakhir dari membuat contoh Anda sendiri adalah dengan menggunakan aturan tata bahasa saat berbicara. Ini sedikit lebih sulit, karena Anda hampir tidak punya waktu berpikir sama sekali.

Setengah dari praktik tata bahasa Anda ini juga akan membantu Anda dalam bagian berbicara dan menulis ujian, di mana Anda perlu membuktikan bahwa Anda dapat menggunakan struktur tata bahasa yang kompleks untuk mengekspresikan ide-ide Anda secara akurat.

(B) Anda juga harus melakukan latihan dengan setiap aturan setelah bekerja dengan contoh Anda sendiri. Anda dapat menggunakan salah satu atau semua sumber daya di bawah ini untuk melakukan ini:

Situs Tata Bahasa Inggris British Council – Situs web ini menguji pemahaman Anda tentang setiap aturan segera setelah Anda selesai membacanya. Ini nyaman karena Anda selalu dapat kembali ke aturan jika Anda tidak yakin dengan jawaban Anda.

Tata Bahasa Inggris – Situs ini memiliki bagian latihan terpisah, sehingga latihan tidak tepat di sebelah aturan. Namun, ini sangat berguna ketika Anda ingin rekap dengan mempraktikkan beberapa aturan sekaligus setelah Anda selesai membacanya. Semakin banyak Anda berlatih, semakin cepat Anda dapat memanfaatkan aturan sendiri dengan sebaik-baiknya.

“Latihan Membuat Tata Bahasa Inggris Sempurna untuk Pembelajar ESL” – Mereka mengatakan bahwa latihan membuat sempurna, dan itu benar ketika menyangkut tata bahasa. Buku ini menawarkan teori dan praktik di satu tempat. Sangat mudah digunakan karena setiap aturan diperkenalkan langkah demi langkah. Di akhir setiap bagian ada ulasan di mana semua aturan diuji. Anda mungkin merasa lebih mudah untuk kembali ke aturan ketika menggunakan buku, terutama jika Anda memiliki sistem penyorotan Anda sendiri.

Ketika Anda selesai mempraktikkan aturan, jangan beralih ke aturan baru sampai Anda merasa telah benar-benar menguasai aturan yang sedang Anda kerjakan. Ingat rute teraman: (1) memahami aturan, (2) membaca contoh, (3) membuat contoh sendiri dan (4) mempraktikkan aturan dengan melakukan latihan. Kemudian Anda bisa memulai dengan aturan baru.

3. Ketika ragu, selalu kembali ke aturan

Mempraktikkan tata bahasa tidak selalu merupakan proses yang mulus. Berharap untuk membuat kesalahan, dan untuk merasa seperti Anda benar ketika latihan mengatakan jawaban Anda salah. Dalam hal ini, Anda harus kembali ke aturan dan mempelajari kembali. Anda mungkin ingin membaca contoh Anda sendiri lagi dan membuat beberapa contoh lagi.

Jika aturan atau latihan itu masih tidak masuk akal, mintalah seorang guru untuk menjelaskannya kepada Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke guru, Anda dapat mencoba menghubungi guru secara daring. Jika Anda memiliki teman yang penutur asli bahasa Inggris, Anda dapat mencoba meminta mereka untuk membantu. Namun, jika teman Anda tidak belajar tata bahasa Inggris secara formal, mereka mungkin tidak dapat membantu Anda.

Banyak penutur asli bahasa Inggris tidak dapat menjelaskan konsep tata bahasa. Terlebih lagi, beberapa penutur asli bahasa Inggris menggunakan tata bahasa yang salah dalam ucapan biasa tanpa menyadari bahwa itu adalah tata bahasa yang tidak tepat. Jadi pastikan sumber daya Anda dapat diandalkan saat kembali ke aturan tata bahasa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *