Macam Macam Energi Alternatif

Bumi yang kita tempati pas ini telah makin lama tua saja, para ilmuwan memperkirakan usianya telah 4,54 miliar tahun. Sadar gak sadar, sumber daya alam kita telah diambang krisis daya akibat eksploitasi manusia yang berlebihan. Akankah bumi kita yang telah tua-tua keladi ini menuju kepunahan? Tapi tenang saja, jauh sebelum itu para ilmuwan telah menemukan 9 sumber daya alternatif masa depan bumi, yang pasti saja mampu jadi harapan baru bagi seluruh makhluk hidup.

1. Energi Terbarukan Hydropower

Sahabat kejadiananeh.com, Air telah jadi sumber daya paling lazim yang sering kita temui. Biasanya sumber daya berasal dari air ini manfaatkan langsung daya kinetik dan potensial yang dimilikinya.

Contohnya terhadap pembangkit listrik tenaga air yang nyaris dimanfaatkan penggunaannya oleh seluruh dunia. Namun selain itu pernahkah kamu mendengar perihal daya terbarukan Hydropower?

Dengan manfaatkan kapabilitas air, terciptalah daya listrik Hydropower yang dibikin berasal dari bendungan air. Melalui saluran pipa air yang terhubung langsung ke turbin, kuantitas air yang jatuh ke turbin akan membuahkan seberapa besar power listrik yang dihasilkan. Biasanya tempat penampungan ini manfaatkan kegunaan danau ataupun waduk buatan.

Kelebihan lain berasal dari konstruksi Hydropower mampu membuahkan daya yang konstan, tidak membiarkan gas tempat tinggal kaca yang berdampak jelek terhadap pencemaran atmosfer dan juga mampu jadi sumber daya alternatif yang awet dan tahan lama.

2. Energi Alternatif Biomassa, Harapan Baru Masa Depan Manusia

Ada benarnya pepatah yang berkata, Tak ada yang tak berguna di dunia ini semuanya pasti bermanfaat. Sisa-sisa pembuangan limbah pertanian, kotoran manusia ataupun hewan dan juga sampah ternyata tetap mampu kita manfaatkan sebagai daya pengganti sumber daya alam. Selain itu Biomassa terhitung mampu didapatkan berasal dari bahan biologis yang bersumber berasal dari organisme yang belum lama mati.

Namun bahan yang paling banyak digunakan berasal berasal dari limbah, alkohol dan juga sisa penyerutan dan pembakaran kayu. Sedangkan kegunaan Biomassa yang dibikin berasal dari gas kotoran manusia atau pupuk kandang disebut sebagai biogas.

Dan contoh lain berasal dari bahan sumber Biomassa mampu terhitung didapatkan berasal dari tanaman jagung, kedelai, gandum dan juga rami yang mampu memproduksi bahan bakar butanol, etanol, propanol dan juga biodiesel. Keren kan 😀

3. Hidrogen

Hidrogen jadi salah satu sumber gas paling banyak dan gampang ditemukan di alam semesta ini, bukan hanya di bumi saja tapi seluruh jagat raya yang menguasai lebih berasal dari 80 persen. Selain mampu dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar kendaraan yang jauh lebih ramah lingkungan alias tidak amat mempunyai pengaruh jelek polusi.

Persediaan sumber daya Hidrogen ini terhitung amat {mustahil|tidak mungkin|kemungkinannya amat kecil} untuk habis dan cara pembuatannya hanya mengandalkan air (H2O) yang gratis dan gampang untuk mendapatkannya. Manfaat lain berasal dari Hidrogen sering terhitung digunakan di dalam industri pupuk, industri minyak goreng, industri makanan dan juga di dalam bidang kimia organik.

4. Biofuel

Masih besanan dengan Biomassa, sumber daya alternatif terbaru ini terhitung manfaatkan memproduksi berasal dari bahan-bahan nabati. Misalkan tanaman jarak, jagung, minyak sayur, kayu, arang, manur kering dan jerami minyak biji Rapa.

Bahan bakar nabati (BBN) ini mampu dijadikan cadangan bahan bakar mobil ataupun motor yang telah dibentuk jadi bioetanol dan biodiesel.

5. Energi pasang surut (Energi Tidal)

Kuatnya gelombang ombak pasang surut air laut mampu membuahkan daya yang amat berguna di masa depan, salah satunya adalah listrik. Negara-negara maju di wilayah Eropa dan juga Amerika utara telah banyak yang manfaatkan daya tidal atau daya pasang surut ini.

Air laut merupakan fluida yang mempunyai massa style 800 kali lebih tinggi dibandingkan dengan udara sehingga mampu diubah jadi daya mekanik yang mampu jadi sumber terbaru pembangkit tenaga listrik.

Rance Tidal Power Station yang berlokasi di negara Perancis jadi salah satu contoh yang telah manfaatkan daya pasang surut sebagai sumber penghasil listrik terbesar di negara mereka.

6. Geothermal (Panas Bumi)

Aktifitas vulkanik tinggi terhadap gunung berapi aktif terhitung mampu dijadikan sebagai sumber daya alam alternatif di masa depan. Terlebih bahan yang didapatkan tetap berlimpah ruah di alam kita ini.

Namun sayangnya pemakaian ini tetap jarang, sebab terhambat dengan terbatasnya teknologi yang mampu menjangkau tempat di kira-kira lempeng tektonik. Ditambah ulang dengan aspek efek dan ongkos yang cukup mahal.

Ada 3 sumber utama panas bumi yang mampu dijadikan daya cadangan masa depan yaitu bebatuan kering panas, kawah air panas dan juga uap alam berasal dari gunung berapi.

Di negara kita sendiri Indonesia telah terdapat cukup banyak pembangkit listrik yang bersumber berasal dari tenaga panas bumi yaitu PLTP Lahendong di Sulawesi Utara, PLTP Sibayak di Sumatera Utara, PLTP Dieng di Jawa Tengah dan PLTP Salak Jawa Barat.

7. Piezoelectricity

Piezoelectricity adalah tekanan elektrik yang mampu membuahkan medan listrik mekanik lewat pijakan kaki manusia. Di negara Jepang dan Inggris telah menerapkan daya alternatif ini meski tetap di dalam skala kecil.

Terdapat di lantai stasiun kereta dan juga lantai ubin tempat berdansa, pijakan-pijakan kaki manusia itu mampu dikonversi jadi sumber tenaga listrik yang gratis, ramah lingkungan dan selamanya mampu diperbaharui.

Energi Alternatif lainnya adalah Panel Surya,yang kalian bisa lihat lebih lanjut di Inaport

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *