Ciri-Ciri Mobil Bekas atau Second yang Masih Berkualitas

Bila berbicara mengenai harga sebuah mobil, hal yang pertama kali muncul di benak kita pastinya adalah uang dengan jumlah yang cukup banyak. Memang tidak semua lapisan masyarakat bisa membeli kendaraan roda empat ini dikarenakan harganya yang cukup fantastis, apalagi jika kendaraan pribadi yang menjadi incaran banyak orang ini baru saja keluar dari pabrik produksinya. Hal demikianlah yang menyebabkan beberapa orang batal memiliki otomotif yang satu ini. Pada akhirnya, mereka lebih memilih untuk membeli kendaraan bekas atau second karena dinilai lebih eknomis. Terlebih jika kendaraan tersebut ditujukan untuk melakukan kegiatan komersial, maka pembelian second merupakan pilihan yang sangat tepat.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika membeli kendaraan bekas, Anda harus memiliki banyak informasi mengenai kendaraan yang akan Anda beli. Tentu saja Anda menginginkan kendaraan yang masih berkualitas bukan?? Maka dari itu, terlebih dahulu Anda harus mengetahui ciri-ciri kendaraan bekas yang masih berkualitas. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, maka baca dan pahamilah artikel ini dengan seksama karena akan disajikan mengenai hal tersebut. Adapun ciri-ciri kendaraan bekas yang masih berkualitas adalah sebagai berikut:

Memiliki Dokumen yang Lengkap. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, membeli kendaraan pada showroom atau agen penjualan ternama dinilai lebih aman daripada membeli pada pemilik pribadi. Itu semua dikarenakan kendaraan yang dijual pada showroom atau agen penjualan sudah pasti memiliki dokumen yang lengkap. Namun, sebelum Anda membawa pulang kendaraan yang dimaksud, sebaiknya Anda meminta penjual untuk menunjukkan surat-surat kendaraan yang penting.

Memiliki Desain Eksterior yang Masih Mulus. Selain kelengkapan dokumen, ciri yang tak kalah penting bisa dilihat dari keadaan eksteriornya. Periksalah seluruh bagian mobil mulai dari cat, kaca depan, bamper, pelek, ban, kaca spion, dan sebagainya dengan teliti. Pastikan semua bagian tersebut tidak ada yang cacat sedikitpun. Pililah otomotif yang menurut Anda masih mulus, kinclong, dan bebas dari lecet.

Suara Mesin Tidak Berisik. Untuk mengetahui hal ini, maka Anda harus melakukan tes secara langsung pada kendaraan. Mintalah pihak penjual untuk menghidupkan mesin kendaraan. Dengarkan suara mesin mobil dengan seksama. Apabila mesin masih bagus, pastinya tidak ada suara yang mejanggal di telinga. Selain itu, pastikan juga mesin langsung hidup dalam satu kali start mesin.

Tidak Mengeluarkan Asap. Ciri lain dari kendaraan bekas yang masih berkualitas ialah mengeluarkan asap kenalpot yang berwarna bening dan hampir tidak terlihat. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa kendaraan tersebut tidak mengeluarkan asap. Jika asap yang keluar dari kenalpot berwarna hitam, sudah pasti kendaraan tersebut mengalami kerusakan pada sistem bahan bakarnya. Sementara itu, jika asap yang keluar tampak berwarna putih, maka bisa dipastikan performa mesin juga kurang sehat. Maka dari itu, pililah kendaraan yang tidak mengeluarkan asap.

Dilengkapi dengan Fitur-Fitur yang Masih Berfungsi dengan Sempurna. Untuk memastikan bahwa kendaraan yang ingin Anda beli memiliki kualitas baik, maka periksalah juga dari segi fiturnya. Anda harus melakukan pengecekan terhadap seluruh fitur yang tersedia seperti rem, gigi, setir, dan lain-lain.

Tidak Terasa Berat Saat di Kemudikan. Ciri yang terakhir dari kendaraan bekas yang masih berkualitas ialah nyaman saat digunakan. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda harus melakukan tes drive pada kendaraan. Pastikan kendaraan tidak terasa berat saat di kemudikan. Jika kendaraan terasa berat dan sulit untuk melaju, maka sebaiknya jangan memilih kendaraan tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *